Senin, 05 Desember 2016

Cara Bercocok Tanam Selada Secara Hidroponik

Cara Bercocok Tanam Selada Secara Hidroponik on http://slosa.blogspot.com/2016/08/cara-bercocok-tanam-selada-secara-hidroponik.html - Cara Menanam Selada Secara Hidroponik Di Rumah Dengan Alat Sederhana :

1. Langkah awal dari cara menanam selada hidroponik adalah memicu media tanam. Siapkanlah bak plastik untuk wadah penanaman selada. Kemudian, siapkan termasuk styrofoam atau gabus untuk tempat netpot. Buatlah lubang terhadap styrofoam dengan diameter sekitar 5 cm atau sesuaikan dengan ukuran netpot. Beri jarak antar lubang sekitar 15 cm untuk mengimbuhkan area tumbuh tanaman selada saat dewasa. Styrofoam ini nantinya dapat di tempatkan menutupi bak plastik.

2. Langkah sesudah itu adalah menyemai bibit. Salah satu media penyemaian yang biasa digunakan adalah rockwool. Media ini dipilih dikarenakan memiliki kekuatan menyerap air yang baik agar bibit yang disemai mampu tumbuh menjadi kecambah. Penyemaian dijalankan saat benih telah tumbuh akar dan beberapa daun. Kemudian benih selada mampu dipindahkan ke dalam media tanam bersifat netpot.

3. Langkah berikutnya adalah memindahkan benih selada ke dalam netpot. Netpot adalah wadah bersifat pot atau gelas dengan lubang-lubang berukuran besar disekeliling sisi pot untuk tempat tumbuh akar. Anda mampu mendapatkannya di toko tanaman ataupun membuatnya dari gelas plastik bekas yang dilubangi. Pindahkan benih selada ke dalam netpot dengan hati-hati. Isikan netpot dengan media tanam bersifat campuran pasir kerikil dan sekam bakar atau rockwool.

4. Langkah terakhir terhadap cara menanam selada secara hidroponik adalah menempatkan benih terhadap media tanam bak yang telah disiapkan. Isikan bak dengan cairan nutrisi. Masukkan masing-masing netpot yang telah terisi benih ke dalam lubang styrofoam. Kemudian, menempatkan styrofoam yang telah dipenuhi dengan netpot di atas bak yang telah diisi larutan nutrisi. Jika sudah, Anda mampu merawatnya dan menanti hingga era panen.

Baiklah demikianlah cara menaman selada terhadap bidang hidroponik, selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar